Coba-Coba Pola Baru, Allegri Cukup Puas

Juventus mencoba pola baru kala menang atas Lazio. Massimiliano Allegri cukup puas dengan penampilan wajah baru Bianconeri.

Juve bermain dengan pola 4-2-3-1 kala menang 2-0 atas Lazio di Juventus Stadium, Minggu (22/1/2017) malam WIB. Dua gol dipersembahkan masing-masing oleh Paulo Dybala dan Gonzalo Higuain.

Untuk kali pertama, Allegri menurunkan Higuain, Dybala, Mario Mandzukic, Juan Cuadrado, dan Miralem Pjanic secara bersamaan. Higuain dipasang di posisi ujung tombak, ditopang Mandzukic di kiri, Dybala di tengah, dan Cuadrado di kanan. Sementara Pjanic bermain lebih ke dalam, mendampingi Sami Khedira sebagai poros ganda.

Meski menurunkan lima pemain sekaligus yang cenderung berkarakter menyerang, nyatanya Juve minim mendapatkan ancaman langsung. Lazio memang melepaskan 11 percobaan berbanding tujuh milik Juve, tapi keduanya sama-sama cuma mencatatkan dua tembakan tepat target.

“Secara paradoks, dengan begitu banyak pemain berkarakter menyerang, kami hanya membiarkan Lazio memberikan sedikit ancaman atau bahkan tidak ada sama sekali,” kata Allegri kepada Sky Sport Italia.

“Sepanjang pekan saya bahkan tidak memikirkan soal pola baru ini. Tapi setelah satu sesi latihan, esok paginya saya berpikir bahwa saya harus mengubah sesuatu.”

“Saya sudah mengatakan kemarin di konferensi pers bahwa ini adalah sebuah opsi. Tapi tak satupun memperkirakan saya bakal benar-benar melakukannya,” imbuhnya.

Meski demikian, Allegri mengakui timnya masih perlu pembenahan dalam penyelesaian akhir karena sejumlah peluang tak termaksimalkan. Tapi setidaknya di laga ini jumlah kesalahan bisa ditekan dan pola baru disebutnya bisa saja terus dipakai ke depannya.

“Ini adalah salah satu opsi, pastinya. Semua orang terlibat dalam permainan dan menampilkan permainan yang bagus sebagai sebuah tim. Tim ini punya kualitas teknik untuk menatang siapapun dan kami perlu menggunakan itu untuk sukses di Eropa,” kata Allegri.

“Hari ini kami melakukan sedikit kesalahan dan bisa saja mendapatkan lebih banyak gol,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *