Penalti Spesial Alexis Sanchez

Alexis Sanchez menjadi penentu kemenangan Arsenal atas Burnley di pekan 22 Premier League. Ia melakukannya lewat tendangan penalti spesial.

Spesial karena penalti itu terjadi di menit ketujuh injury time, alias saat-saat terakhir menjelang peluit akhir dibunyikan pengadil lapangan.

Juga karena penalti tersebut membuahkan kemenangan 2-1 buat Arsenal, yang sejak menit ke-65 tampil dengan 10 pemain akibat dikartumerahnya Granit Xhaka, memastikan posisi dua klasemen sementara.

Terlebih lagi Alexis Sanchez mengeksekusi penaltinya dengan gaya Panenka. Tambah spesial karena BBC mencatat bahwa itu merupakan penalti sukses pertamanya di Premier League dari tiga percobaan.

“Ia terlalu cool,” ujar Manajer Arsenal Arsene Wenger di Sky Sports.

“Ia sudah pernah luput mengeksekusi penalti buat kami, bahkan hari ini ia bukan eksekutor pertama melainkan (Olivier) Giroud (yang sudah ditarik keluar). Tapi ia penendang kedua. Namun, selama ia melakukannya dengan baik, mencetak gol, Anda harus menerima dan mengatakan ‘selamat’,” imbuhnya.

Ketenangan tingkat tinggi dari titik 12 pas semacam itu serupa juga pernah diperlihatkan Alexis Sanchez tahun 2015 lalu. Tak tanggung-tanggung, panggungnya adalah final Copa America ketika Chile berhadapan dengan Argentina.

Saat itu Alexis Sanchez jadi penendang keempat Chile, dengan ketiga rekan sebelumnya sukses menunaikan tugas. Argentina sebaliknya sudah gagal lewat Gonzalo Higuain dan Ever Banega. Alexis Sanchez pun berpeluang jadi pahlawan penentu kemenangan dan melakukannya dengan spesial: eksekusi penalti ala Panenka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *